Minggu, 13 Maret 2011

I'm the Legend


I'm the Legend Poster

Ada yg tau film ini? Yup, yg tau aktor Will Smith pasti akan mengenal film ini. Setelah tenar difilm MIB, MIB 2 dan I Robot tahun 2007 Will Smith membintangi film Science Fiction lainnya yaitu "I'm the Legend".

Cerita dimulai ketika tahun 2009 para ilmuwan mengembang virus bernama virus KV dimana dikembangkan sebagai obat penyakit kanker. Tak disangka virus tersebut menjadi malapetaka bagi eksistensi manusia. Menyebabkan 94% atau sekitar 5,4 miliyar umat manusia mati terinfeksi virus KV, hanya tersisa 1% atau 12 juta umat manusia yg selamat dan kebal terhadap virus tersebut. Sisanya terinfeksi dan menjadi mahluk ganas yg disebut sebagai "pemangsa". Dimana penampilan fisik manusia akan berubah. Dilihat dari kulitnya yg pucat, bulu rambut yg rontok, suhu tubuh yg meingkat, kecerdasan yg turun membuatnya lebih mengadalkan insting (hanya dapat memecah masalah yg biasa ), sikap yg lebih agresif, pernapasan yg cepat, menjadi karnivora murni, takut akan sinar matahari membuatnya hanya aktif dimalam hari. Mahluk ini juga dapat menginfeksi manusia yg lain.

Cerita dimulai 3 tahun kemudian tepatnya tahun 2012. Di kota New York yg telah menjadi kota mati dengan rongsokan mobil dijalan, jalan-jalan yg rusak dan gedung yg tak terawat hanya dokter Neville yg masih selamat dan memiliki kekebalan terhadap virus KV. DR. Robert Neville merupakan mantan kolonel yg menjadi penanggung jawab dalam pencarian antivirus KV.

Kehidupannya begitu menyedihkan. Dia hidup bersama Sam, anjing milik anaknya. Sehari-hari ia memenuhi kebutuhan hidupnya dari toko yg telah lama tak dibuka bersama Sam dan pergi ke anjungan dan berharap ada yg selamat menemuinya. Karena hanya dia sendiri di kota tersebut, membuat ia berbicara dengan patung model u/ memenuhi kebutuhan komunikasinya. Tiap sore ia menyiarkan radio, agar ia bisa bertemu dengan orang yg selamat dan juga agar yg selamat dapat perlindungan dan kebutuhan pokok dari Neville.

Neville masih teringat bagaimana kekacauan yg terjadi ketika virus tersebut hampir memusnahkan manusia. Ia teringat bagaimana orang yg terinfeksi dikurung dalam pulau (salah satu di New York) agar tak bercampur dengan yg selamat. Dan bagaimana ketika istri dan anaknya yg meninggal karena kecelakaan tragis saat dikarantina (Neville diperintahkan untuk tetap tinggal agar dapat mengembangkan antivirusnya).

Neville masih melakukan percobaan untuk mengetes apakah obatnya bekerja. Banyak tikus percobaan tapi hasilnya negatif. Tapi suatu hari satu objek percobaan menunjukkan hasil positif. Neville pun berinisiatif mencobanya pada pemangsa. Ia menjerat seorang pemangsa yg ternyata seorang wanita. Ia mencoba obatnya tapi tak menunjukkan perubahan. Ternyata wanita yg ditangkap Neville memiliki pasangan yg marah akan hal itu. pasangannya ini berniat balas dendam. Ia meletakkan boneka yg biasanya digunakan Neville untuk berbincang-bincang sebagai umpan dan diletakkan dekat penjerat yg dibuat Neville sendiri.

Neville yg terkejut melihat boneka yg seharusnya tidak ada disitu terjerat oleh perangkap yg ia buat sendiri dan pingsan hingga sore menjelang. Saat sadar bahwa hari sudah menjelang sore, ia pun melepaskan diri dari jebakan dengan pisau yg sayangnya mengenai kakinya dan membuatnya jalan terpincang. Tiba-tiba muncul anjing yg terinfeksi (ini juga salah satu jebakan pasangan pemangsa tadi) menyerang Neville ketika matahari terbenam total. Sam pun menolong majikannya dari serangan anjing pemangsa tapi karena tak seimbang membuat Sam tergigit anjing pemangsa. Neville segera membawa Sam ke rumahnya agar mendapat pengobatan dengan obatnya obat bekerja dan dengan terpaksa agar Sam tak menjadi liar, Neville mengakhiri hidup Sam. Dengan sedihnya, Neville menyerang secara brutal para pemangsa dianjungan tapi hal itu seperti bunuh diri. Nyawa Neville nyaris hilang tapi tiba-tiba datang seorang yg selamat. Sebelum Neville pingsan, ia menyuruh yg menyelamatkannya agar berkeliling kota hingga pagi agar pemangsa tak mengikutinya.

Pagi harinya, Neville yg tersadar dari pingsannya melihat dua orang di rumahnya yg ternyata menyelamatkannya, yaitu Anna dan anaknya, Ethan. Kate membujuknya agar pergi ke utara karena di sana ada barak pengungsian orang yg selamat. Neville yg hilang harapan marah dan berkata tak ada yg selamat dari virus KV. Sore harinya, pemangsa beserta kawanannya menyerang rumah Neville. Ternyata mobil Kate telah diikuti oleh kawanan pemangsa dan menyerangnya ketika matahari terbenam. Neville, Kate dan anakknya panik. Segala penangkal tak menghalangi kawanan tersebut untuk menyerang rumah Neville. Akhirnya mereka kabur menuju ruang bawah tanah.

Di sana Neville melihat pemangsa wanita tersebut menunjukkan hasil yg positif (Neville memakai batu es agar suhu pemangsa yg panas itu turun agar obatnya dapat bekerja). Tiba-tiba masuklah pemangsa marah dan menyerang Neville yg berlindung di balik kaca. Neville berteriak bahwa ia dapat menyelamatkan nyawa mereka. Pemangsa yg tak mengerti apa-apa terus mendobrak kaca. Neville yg sedih memutuskan memberi sampel darah dari pemangsa yg sehat karena terkadung obatnya dan menyuruh Anna beserta Ethan mengumpat di balik tembok dibelakang laboratoriumya dan disuruh untuk mengumpat hingga pagi agar mereka dapat selamat. Kemudian Neville meledakkan diri bersama pemangsa dengan granat.

Pagi harinya Anna dan Ethan sampai pada barak pengungsian yg terdapat orang yg selamat dan menyerahkan sampel darah pemangsa yg sehat tadi agar dibuat obatnya. Cerita ditutup dengan narasi dari Kate dan berkata bahwa Neville penyelamat umat manusia yg nyaris punah dan dianggap sebagai legenda.


  • Quotes
    • Menerangi dunia yg gelap dengan cahayanya

  • Makna Film
    Dari film ini yg bercerita nyarisnya kepunahan manusia ada sebuah makna yg dapat kita tangkap, yaitu Tuhan memiliki rencana pada kita. Seburuk apapun cobaan kita karenna Tuhan telah merencanakan suatu hal yg baik u/ kita. Bisa dilihat bagaimana pertemuan Neville dan Kate yg bermaksud agar sampel darah dapat dititipkan kepada Kate agar dapat menyelamatkan eksistensi manusia yg nyaris hilang di bumi ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saya mohon kritik & saran agar dapat mendukung saya